Pages

Kamis, 13 Juni 2013

PERSIAPAN TRANSFUSI DARAH



PERSIAPAN TRANSFUSI DARAH

Seorang calon donor akan diminta untuk membaca dan menjawab sendiri persyaratan-persyaratan menjadi donor, mengisi formulir pendaftaran donor dan diperbolehkan untuk menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti kepada petugas. pemeriksaan hemoglobin dengan mengambil darah dari ujung jari pasien untuk diperiksa.

hal-hal yang perlu diperhatikan :
  1. kondisi pasien sebelum ditransfusi
  2. kecocokan darah yang akan dimasukkan
  3. label darah yang akan dimasukkan
  4. golongan darh pendonor
  5. periksa warna darah (terjadi gumpalan atau tidak)
  6. homogenitas (darah bercampur semua atau tidak)
darah pendonor dikumpulkan ke dalam kantung plastik 250 ml yang mengandung 65-75 ml CPC (Citrate Phosphate Dextrose) atau ACD (Acid Citrate Dextrose). Kemudian darah disimpan di dalam lemari pendingin dengan suhu kira-kira 4-6 derajat celcius. Darah disimpan dengan sistem first in first out (FIFO) yaitu suatu sistem yang mengatur pengeluaran darah di mana darah yang pertama kali masuk maka darah tersebutlah yang pertama kali keluar.
Sebelum dilakukan transfusi darah donor dengan pasien maka diperlukan pemeriksaan uji cocok serasi "crossmatch". Crossmatch terdiri dari mayor (berisi suspensi sel donor dan serum pasien) dan minor (berisi suspensi sel pasien dan serum donor). Bila kedua pemeriksaan tidak menghasilkan aglutinasi eritrosit, maka diartikan bahwa darah donor sesuai dengan darah pasien sehingga transfusi boleh dilakukan. Bila crossmatch mayor menghasilkan aglutinasi, tanpa memperhatikan hasil crossmatch minor, diartikan bahwa darah donor dengan pasien tidak sesuai, sehingga transfusi tidak boleh dilakukan. Bila crossmatch mayor tidak menghasilkan aglutinasi, sedangkan crossmatch minor terjadi aglutinasi, maka crossmatch minor harus diulang  dengan menggunakan serum donor yang diencerkan. Bila pemeriksaan terakhir ini ternyata tidak menghasilkan aglutinasi, maka transfusi darah masih dapat dilakukan dengan menggunakan darah donor. Bila pemeriksaan dengan serum donor yang diencerkan menghasilkan aglutinasi, maka darah donor tidak dapat ditransfusikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About